Rabu, 07 Mei 2008

Profil Program Studi Budidaya Perikanan Unsri

PROFIL PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN UNSRI

1. GAMBARAN UMUM

PS. BDA merupakan salah satu program studi di FP Unsri yang didirikan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 2796/D/T/2001 tanggal 30 Agustus 2001. Program studi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan Sarjana Perikanan di Sumsel. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah dan enam (6) sektor unggulan Sumsel yang menyatakan kelautan dan perikanan termasuk salah satu sektor unggulan.

Budidaya perairan merupakan ilmu untuk memelihara biota air secara terkontrol, dan untuk meningkatkan produksi dengan menggunakan input teknologi. Dalam pengembangan ilmu budidaya perairan, sangat diperlukan bioteknologi yang mampu mengembangkan biota air yang mempunyai pertumbuhan cepat dan tahan terhadap penyakit serta toleran terhadap lingkungan.

Berdasarkan hal tersebut, maka PS BDA FP Unsri mengembangkan bidang kajian/keahlian yang berorientasi kepada pengembangan teknologi pakan, genetika dan reproduksi ikan, Penyakit dan kesehatan ikan, sistem dan teknologi budidaya perairan, serta pengelolaan lingkungan perairan untuk mempertahankan dan atau meningkatkan fungsi perairan, baik secara ekologis maupun non-ekologis. Hal ini sejalan dengan visi dan misi PS BDA yaitu untuk menghasilkan Sarjana Perikanan dengan kemampuan dan pengetahuan yang tinggi di bidang Budidaya Perairan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesional dan memiliki jiwa mandiri untuk menghadapi persaingan global.

Proses pembelajaran pada PS. BDA dilengkapi dengan fasilitas kampus dan sarana pembelajaran yang memadai, seperti ruang kuliah, laboratorium, laboratorium lapangan, perpustakaan, dan sarana perkuliahan lainnya, serta didukung oleh staf pengajar yang berkualitas. Pada saat ini mahasiswa PS. BDA berjumlah 129 orang yang berasal dari SMU dan SMK berbagai propinsi di Indonesia. Program Studi menerima sekitar 30 orang mahasiswa setiap tahunnya.

2. BIDANG KEAHLIAN

Program Studi Budidaya Perairan akan mempersiapkan mahasiswa dengan 5 (lima) bidang keahlian, yaitu:

1. Bidang Kajian Nutrisi Ikan (Fish Nutrition). Bidang ini menekankan pada aspek kebutuhan nutrisi bagi ikan (termasuk non ikan) baik pakan alami maupun buatan. Melalui pemahaman di bidang ini diharapkan almuni menjadi ahli dalam hal budidaya pakan alami dan pembuatan/penerapan teknologi pembuatan pakan ikan yang sesuai untuk meningkatkan produksi ikan/non ikan yang dipelihara.

2. Bidang Kajian Genetika dan Reproduksi Ikan (Fish Genetics and Reproduction). Bidang ini mengkaji genetika ikan, reproduksi dan pembenihan.

3. Bidang Kajian Penyakit dan Kesehatan Ikan (Fish Desease and Health) Bidang ini mengkaji tentang berbagai penyakit ikan dan teknologi penyehatan ikan.

4. Bidang Kajian Sistem dan Teknologi Budidaya Ikan (Aquaculture System dan Technology). Bidang ini mengkaji berbagai sistem dan teknologi pemeliharaan ikan termasuk tata letak dan rekayasa wadah budidaya perairan.

5. Bidang Kajian Lingkungan Budidaya Perairan (Aquaculture Environment). Bidang ini mengkaji tentang kualitas air untuk media budidaya, berbagai teknik manajemen kualitas air serta manajemen pencemaran perairan.

Secara umum mahasiswa dibekali ilmu-ilmu dasar yang meliputi dasar-dasar seperti Dasar-Dasar Budidaya Perairan, Fisika Kimia Perairan, Ikhtiologi, Ekologi Perairan, serta berbagai ilmu terapan seperti Manajemen Kualitas Air. Pemilihan bidang kajian/keahlian dilakukan berdasarkan minat mahasiswa dan ditentukan pada semester 6 (enam) atau mahasiswa telah mengumpulkan minimal 118 sks, khususnya pada saat mahasiswa melakukan tugas akhir yaitu magang, penelitian dan penulisan skripsi dan praktek lapang.

3. STAF PENGAJAR DAN ADMINISTRASI

Kegiatan belajar mengajar pada Program Studi Budidaya Perairan didukung oleh 9 orang staf pengajar. Pada saat ini Program Studi Budidaya Perairan memiliki 1 (satu) orang staf pengajar yang bergelar Doktor dengan gelar fungsional Lektor (Dr. Ir. Marsi, M.Sc), 6 (enam) orang bergelar Master (Dade Jubaedah, S.Pi., M.Si; Marini Wijayanti, S.Pi., M.Si.; Mohamad Amin, S.Pi., M.Si.; M. Syaifudin, S.Pi., M.Si., Ade Sasanti, S.Pi., M.Si., dan Yulisman, S.Pi., M.Si.), serta 2 (dua) orang sarjana (Muslim, S.Pi. dan Ferdinand Hukama Taqwa, S.Pi.). Pendidikan Doktor diperoleh dari University of Kentucky, USA dan Master/Magister diperoleh dari IPB dan S1 diperoleh dari IPB dan Universitas Diponegoro. Program Studi dibantu oleh staf administrasi honor sebanyak 1 orang dan tidak ada tenaga teknisi/laboran/analis.

4. LABORATORIUM

Program Studi Budidaya Perairan dilengkapi laboratorium dengan kualifikasi peralatan yang memadai. Laboratorium yang dikelola oleh Program Studi Budidaya Perairan yaitu:

1. Laboratorium Dasar Bersama Perikanan. Laboratorium ini melayani kegiatan praktikum dan penelitian di bidang ilmu-ilmu dasar perikanan seperti ichtiologi, ekologi perairan, avertebrata air dan fisiologi hewan air.

2. Laboratorium Budidaya Perairan, yang melayani kegiatan praktikum dan penelitian di bidang budidaya perairan antara lain untuk mata kuliah dasar-dasar budidaya perikanan, nutrisi ikan, fisika kimia perairan, pengembangbiakan ikan, parasit dan penyakit ikan.

3. Laboratorium Mikrobiologi. Laboratorium ini melayani kegiatan praktikum dan penelitian di bidang mikrobiologi dan genetika yaitu untuk mata kuliah dasar-dasar mikrobiologi akuatiik, parasit dan penyakit ikan dan dasar-dasar genetika ikan.

4. Laboratorium Lapangan / Kolam dan Perairan Rawa. Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan praktikum dan penelitian di lapangan. Kegiatan di lapangan sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang fenomena yang terjadi di lapangan terhadap kualitas dan karakteristik perairan.

Laboratorium yang ada juga melayani masyarakat umum untuk analisis karakteristik fisika, kimia dan biologi air.

5. PELUANG KERJA

Alumni PS. BDA memperoleh gelar S.Pi. (Sarjana Perikanan) dengan keahlian di bidang Budidaya Perairan. Sesuai dengan bidang kajian peluang kerja alumni PS. BDA di sektor perikanan baik sektor swasta, BUMN, BUMD, maupun pegawai pemerintah (PNS), bank, surveyor, perencana wilayah, konsultan, wiraswasta. Pada saat ini alumni Program Studi Budidaya Perairan mulai bekerja pada bidang pekerjaan di atas dan mampu bersaing dengan alumni dari universitas lain.

8 komentar:

cck mengatakan...

bda Asssssssssssiiiiiiiik BuAngEt...bAnYaK JaLAN2Nya NtUcH YanG aQ SuKA

cck mengatakan...

oh Yeach Kapan tuch Bda Buat Jurusan Baru eh Salah maksudnya kapan Bda ada Gedung sendiri.....
oh Yeach Bu'Ade oRangnya Asyik Buanget dech n care lagi..nach adek2 yang pada baru masuk kudu tau nech ma ibu kita yang ini...Selain ntuc ada jg DoSen yang Namanya Bu'Dade duch mw cerita apa yach coz rada takut ma dia orangnya syiok diajak sharing tp gak tau Aq lmyan gimana ghitu kalo deket dia apa takut pa gimana gak tau jg dech tp inti mgkin segan kali ya...n banyak lage dosen2 lainnya kepanjangan komentarnya ye ^-^(nech coment or cerita??) haa haa

aLmAnIaR mengatakan...

rauNg KuL bDA PaDa Ada SmUa AC nYA tPi koQ jAraNG iDuP yAaa.. ^-^

aLmAnIaR mengatakan...

ruang kul Bda Rata2 ada AC nya tp koQ jaRAng iDup yeeee

aLmAnIaR mengatakan...

aWal MaSuk BdA sEch GaK bEtaH coZ uDaCh BuKAN piLiHAn PertaMA tRuZZ bLon BnYAk tW aBouT BDA So nGerAsa Gak EnJoy...Blum Lg GaK kNaL mA DoSen2..bUt sTlah di jalani Ternyata BDA it asyik n Dosen2nya yang Keliatannya Gak Friendly banget ternya gak sama tuch dengan apa yang dipiKirkan...palagi Tuch oRang Bu' Ade wuich The BesT BanGet DeCH... kLo bU'Dade eNak sHAriNg nYa...
and BDA THe BESt LAh bWt Q sKr...coZ mw kmana lGE hE He

aLmAnIaR mengatakan...

kaYaknya BDA perlu dech me'exposekan diri coz banyak yang gak tw tuch apa tuch BDA.....

Indra Gunawan mengatakan...

kapan BDA jadi fakultas sendiri..
??

BDA is the best

Rice mengatakan...

Saya bangga menjadi Alumni BDA UNSRI. Salam hangat untuk dosen-dosen yang telah berjasa =)